Penyebab dan Gejala Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans adalah kondisi kulit yang berubah menjadi lebih gelap, tebal, dan bertekstur seperti beludru. Ini biasanya terjadi di lipatan tubuh seperti ketiak, leher, atau selangkangan.

Akantosis nigrikans lebih sering terjadi pada orang yang obesitas, tetapi bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, penyakit ini dapat menjadi salah satu gejala kondisi medis yang lebih serius.

 

Penyebab Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans tidak memiliki penyebab yang diketahui, tetapi peningkatan kadar insulin dan resistensi insulin adalah penyebab umum gangguan ini. Berikut adalah beberapa kondisi yang diduga memicu akantosis nigrikans:

  • Resistensi terhadap insulin
    Sebagian besar orang yang mengalami akantosis nigrikans mengalami resistensi insulin, kondisi di mana insulin tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan kadar gula darah meningkat. Akibatnya, penderita akantosis nigrikans dapat terkena diabetes tipe 2. Peningkatan insulin juga mempercepat regenerasi sel kulit di beberapa area tubuh. Kondisi ini membuat area kulit tertentu lebih gelap daripada area yang lebih terang.

 

  • Gagal hormonal
    Penderita penyakit yang memengaruhi hormon di dalam tubuh, seperti penyakit Addison, sindrom Cushing, sindrom polikistik ovarium (PCOS), atau hipotiroid, sering mengalami akantosis nigrikans.

 

  • Penyakit autoimun
    Akantosis nigrikans dapat disebabkan oleh beberapa penyakit autoimun, seperti lupus, sindrom Sjögren, skleroderma, dan penyakit Hashimoto.

 

  • Kanker
    Akantosis nigrikans juga dapat disebabkan oleh kondisi lain, seperti kanker lambung, usus, atau hati.

 

Gejala Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans ditandai dengan perubahan warna kulit, seperti kulit berwarna abu-abu kecokelatan, kehitaman, atau lebih gelap dari warna kulit sekitarnya. Penderita akantosis nigrikans juga akan memiliki kulit yang kering, kasar, tebal, dan bertekstur seperti beludru. Mereka juga mengalami rasa gatal dan bau. Perlu diingat bahwa perubahan warna kulit ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggosok atau mengusap. Akantosis nigrikans dapat menyebabkan perubahan warna dan tekstur kulit di beberapa area seperti leher, bibir, ketiak, telapak tangan, buku jari, siku, lutut, lipat paha, dan telapak kaki.

 
Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!