Apa Itu Hemangioma

Bentuk kemerahan di kulit bayi disebut Hemangioma. Benjolan ini terbentuk dari beberapa pembuluh darah yang tumbuh dengan cara yang tidak normal. Tanda lahir yang sering muncul di wajah, leher, kulit kepala, dada, dan punggung pada bayi berusia 18 bulan ke bawah dikenal sebagai hemangioma. Kondisi ini tidak bersifat kanker, dan dapat sembuh sendiri. Namun, jika benjolan mengganggu pernapasan dan penglihatan, perlu diobati. Hemangioma dapat tumbuh di kulit atau di otot, tulang, atau organ dalam tubuh lainnya.

 

Kenapa Hemangioma Bisa Terjadi

Ketika pembuluh darah kecil tumbuh secara tidak normal dan berkumpul menjadi satu, itu disebut hemangioma. Meskipun penyebabnya belum diketahui, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya hemangioma, yaitu:

  • Berkelamin perempuan
  • Terlahir sebelum waktunya (prematur)
  • Gangguan perkembangan selama berada dalam kandungan
  • Lahir dengan berat badan rendah
  • Mengalami kelainan genetik yang diturunkan

 

Gejala yang Muncul Akibat Hemangioma

Untuk hemangioma, bayi biasanya memiliki satu benjolan kenyal berwarna merah di wajah, leher, kulit kepala, dada, punggung, bahkan mata. Namun, untuk anak kembar, bisa ada lebih dari satu benjolan.

Hemangioma dapat muncul saat lahir atau beberapa bulan setelahnya, tumbuh dengan cepat sampai menonjol di kulit. Setelah itu, hemangioma menyusut secara bertahap dan sebagian besar akan hilang saat anak berusia 5 hingga 10 tahun. Namun, warna kulit di sekitar bekas hemangioma akan tetap berbeda.

 
Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!