Akibat dari Mencuci Muka Terlalu Sering

Mencuci muka adalah salah satu tindakan perawatan kulit yang paling penting dan harus dilakukan setiap hari. Aktivitas yang Anda lakukan tidak terlalu berat, tetapi itu bukan alasan untuk tidak mencuci wajah. Produk perawatan wajah yang lain, seperti toner, cream, atau serum, dapat menyerap dengan baik pada kulit wajah yang bersih, menghindari masalah kulit seperti komedo, kulit kusam, atau jerawat.

Namun, mencuci muka terlalu sering juga dapat berdampak buruk. Ada baiknya mencuci muka dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Jika Anda terlalu sering melakukannya, itu akan menyebabkan kulit menjadi kotor. Anda hanya akan mengalami kerugian lebih banyak daripada keuntungan.

 

Dampak Buruk Sering Mencuci Muka

Inilah masalah kulit wajah yang disebabkan oleh mencuci muka secara berlebihan berikut:

  • Kulit Kering
    Pernahkah Anda merasa kulit wajah Anda tertarik setelah mencuci? Ini adalah tanda bahwa mencuci muka terlalu sering telah merusak lipid barrier pada lapisan kulit. Kulit wajah yang sehat memiliki lapisan minyak yang tetap memiliki hidrasi dan sebum yang seimbang, yang menghasilkan tampilan kulit yang cerah, kenyal, dan sehat. Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan tidak kering, gunakan pembersih wajah yang lembut setiap hari.

 

  • Iritasi Pada Kulit
    Sebenarnya, setiap perawatan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah Anda. Hal ini juga terjadi dengan mencuci muka sering. Pembersih wajah, seperti facewash, meluruhkan minyak alami permukaan kulit. Akibatnya, produk perawatan kulit yang lain dapat diserap lebih mudah. Mencuci muka terlalu sering membuat wajah kehilangan minyak alaminya. Beberapa produk perawatan kulit malah masuk ke dalam pori-pori saat lapisan minyak alami kulit hilang. Jadi, dapat menyebabkan ruam, alergi, atau iritasi.

 

  • Merubah pH Kulit
    pH kulit, juga dikenal sebagai tingkat keasaman, memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit. Kulit yang sehat memiliki pH antara 4.2 dan 5.5, dan dengan tingkat keasaman ini, kulit wajah akan tetap lembap dan terlindung dari bakteri dan virus. Dengan mencuci wajah terlalu sering, pH kulit akan tidak seimbang. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam agar pH kembali normal. Sudah jelas apa yang terjadi jika Anda mencuci muka terlalu sering. Kering, kusam, dan bahkan iritasi akan menyertai kulit Anda.
 
Jika Anda memiliki masalah kulit atau ingin kulit kalian menjadi cantik, Anda bisa kunjungi Surabaya Skin Centre untuk mendapatan perawatan dan penanganan yang tepat bagi kulit Anda
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:
> 031-599 9595
> 0822 6122 9595 (WA Only)
Atau bisa langsung kunjungi Surabaya Skin Centre di Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!