Tips Menangani Kaki Stroberi

Salah satu masalah kesehatan kulit yang cukup merepotkan adalah kaki stroberi. Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu tau apa itu kaki stroberi? Nah, Kaki stroberi merupakan kondisi kulit kaki yang mengalami kelainan dengan pori-pori yang membesar atau memiliki bintik-bintik pada area sekitar kaki. Di dunia medis masalah ini biasanya dikenal sebagai open comedone.

Faktor penyebabnya bisa seperti bulu kaki yang akan tumbuh, debu, terkena paparan polusi udara, bahan kimia dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, penyumbatan pori-pori ini nantinya akan bercampur dengan minyak dan terkena angin yang membuat kotorannya terosidasi dan menghitam. Bisa juga karena terlalu sering mencukur tanpa disadari bisa menimbulkan kaki stroberi ini.

Meski secara kesehatan hal ini tidak mengganggu langsung, tetapi dapat mengganggu penampilan. Apalagi kalau suka memakai celana dan rok pendek. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri pada penampilan sehari-hari, bukan?

Nah, oleh karena itu ada tips-tips bagaimana cara menghilangkan kaki stroberi ini.


•Eksfoliasi kulit kaki dengan scrub. Eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga membantu mengurangi efek kaki stroberi. Mengeksfoliasi pori-pori kulit bisa menggunakan chemical exfoliator yang mengandung glycolic acid, salicylic acid, atau lactic acid diklinik – klinik kecantikan.
•Lembabkan kulit dengan lotion ataupun gel lidah buaya sesudah mandi dan sesudah bercukur. Kenapa sesudah? Karena air dapat menarik kelembapan alami kulit dan menyebabkannya mudah kering dan iritasi begitu pula dengan mencukur bulu kaki. Mengganti kelembapan yang hilang juga dapat meringankan gejala kaki stroberi.
•Terapkan cara mencukur yang benar. Selalu gunakan pisau cukur yang kondisinya masih baik dan jangan lupa lembapkan dulu permukaan kulit dengan krim atau gel.
•Bila kondisinya memungkinkan, dari pada mencukur bulu dengan pisau cukur atau silet, manfaatkanlah teknik menghilangkan bulu secara permanen dengan teknologi laser.Dengan menghilangkan bulu menggunakan teknologi laser, selain aman juga pasien merasa nyaman karena tidak sakit seperti diwaxing, bulu akan tumbuh kembali lebih halus, waktu tumbuh akan lebih lama dibandingkan dicukur sendiri atau diwaxing.

Biasanya, saat bulu tumbuh kembali, gejala kaki stroberi akan redah dengan sendirinya. Namun, bila terus-menerus melakukan kesalahan dalam mencukur, maka kondisinya akan semakin parah. Bukannya kaki mulus bebas bulu yang didapat melainkan kaki bebas bulu yang meradang dan berbintik. Maka dari itu kita coba tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut dan selalu menjaga kelembapan kulit.

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!