Perhatikan Hal Ini Ketika Membeli Tabir Surya

Sun Screen atau tabir surya, atau ada yang menyebutnya sebagai krim tirai. Merupakan produk yang sudah disepakati untuk dipakai dalam rangkaian perawatan sehari-hari karena dapat menghindarkan kulit terbakar surya, mencegah penuaaan dini dan kanker kulit.

Produknya pun sangat beragam baik jenis sediaan maupun merek yang tersedia di pasaran. Bagaimana cara memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan kita?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Sun Screen :

SPF (Sun Protecting factor)
Singkatan dari sun protecting factor, didapatkan dengan membandingkan dosis minimal UVB untuk menimbulkan kemerahan pada kulit dengan pengolesan produk tabir surya tersebut sebanyak 2mg/cm2 dibandingkan tanpa memakai tabir surya. Pada penelitian SPF dikatakan bahwa tabir surya yang baik bila mempunyai SPF minimal 15 karena efektif menyerap UVB 93,3 % dan SPF paling tinggi adalah SPF 50 yang dapat menyerap UVB sebanyak 98%. Sedangkan diatas SPF 50 tidak dapat meningkatkan kemampuan menyerap UVB sampai 100% dan bahkan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

PA
(Protection grade for UVA rays) menunjukkan nilai derajat proteksi bahan terhadap paparan sinar UVA. PA+ mengandung pengertian bahwa produk Sun Screen atau kosmetik mempunyai sedikit pelindungan terhadap paparan UVA. PA++ proteksi sedang terhadap UVA , PA+++ proteksi lbh baik dari PA ++, sedangkan PA++++ proteksi UVA lebih baik dari PA+++ Perhitungan PA+ diadaptasi dari faktor PPD (Persistent Pigment Darkening), yaitu perbandingan lamanya kulit menjadi gelap/ tanning dengan Sun Screen dibandingkan yang tanpa Sun Screen. PA ++ merupakan nilai derajat proteksi bahan yang sesuai untuk kulit normal terhadap paparan UVA sedang.

Broad Spectrum
Atau spektrum luas artinya, Sun Screen tersebut dapat menangkal paparan spektrum sinar UVA dan UVB. Hal ini dapat dilihat dari kandungan bahan yang dipakai. Titanium oxide dan Zinc okside dapat mantulkan paparan sinar UVB. Bahan dalam Sun Screen yang dapat menyerap UVB secara kimiawi adalah padimate O, octyl salicylate, phenylbenzimidazole sulfonic acid, dan anti UVA seperti oxybenzone, methyl antranilate, avobenzone (Parsol 1789). Jadi dengan membaca label produk tersebut kita akan mengetahui apakah produk tersebut dapat melindungi kulit dari paparan UVA, UVB atau yang disebut broad spectrum.

Bentuk sediaan
Sun Screen di pasaran paling banyak dalam sediaan krim dan lotion. Ada juga tersedia dalam bentuk spray, gel, pasta, dan stick. Sun Screen yang khusus dibuat untuk perlindungan kulit terhadap paparan sinar UV disebut Sun Screen primer sedangkan Sun Screen sekunder adalah Sun Screen tercampur dalam bedak, foundation, BB cream, pelembab, whitening lotion dan lain sebagainya.

Sun Screen untuk berenang
Harus menggunakan Sun Screen yang water resistent yang memberi perlindungan UV dalam air selama 40 menit. Sun Screen very water resistent tahan dalam air selama 80 menit. Untuk perlindungan lebih lama lagi, Sun Screen tersebut harus diulang pemakaiannya.

Kapan sunsceen dioleskan?
Sun Screen dioleskan 20-30 menit sebelum terpapar UV, karena produk tersebut perlu diserap oleh kulit sebelum dapat memberi perlindungan terhadap paparan UV

Sun Screen khusus anak
Terdapat berbagai merek di pasaran akan tetapi Sun Screen dianjurkan pemakainnya setelah anak minimal berusia 6 bulan dan jenis Sun Screen yang dipilih adalah Sun Screen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide karena tidak diserap kulit (physical Sun Screen).

Efek samping Sun Screen
Dapat berupa iritasi kulit dan alergi pada individu yang sensitif terhadap bahan- bahan yang ada dalam Sun Screen baik zat aktif maupun bahan pembawa sediaan seperti bahan pengawet, atau pewanginya. Tanda-tanda iritasi atau alergi Sun Screen adalah setelah pemakaian Sun Screen , kulit terasa perih, rasa menyengat, rasa terbakar atau gatal terutama di derah seputar mata, dan Sun Screen kadang memperburuk jerawat.

Semoga bermanfaat.

Konsultasikan keluhan Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat di Klinik Surabaya Skin Centre, untuk informasi selengkapnya :

Jl Mayjend Prof. dr. Moestopo 175 (Darmahusada) Surabaya,
Telp. (031) 599-9595, 599-9840
WA. 0822 4777 9595

Berlangganan
Berita Kami

***Kami Harap, Tidak Spam!