Sen – Jum : 09.00–20.00 WIB|Sab : 09.00–18.00 WIB
Jln. Prof. Dr. Moestopo No. 175 Surabaya
sbyskincentre@yahoo.co.id
(031) 599 9595

20
Des

Hair Removal

Bulu-bulu rambut halus yang tumbuh di bagian tubuh tertentu kadang dianggap memiliki daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Akan tetapi, jika pertumbuhan bulu itu berada di tempat yang tidak diinginkan dan pertumbuhannya pun lebat, pasti sangat mengganggu penampilan, bahkan bisa berakibat hilangnya rasa percaya diri pada wanita dan pria.

Apa penyebab pertumbuhan rambut yang berlebih?

Pertumbuhan rambut yang berlebih diklasifikasikan menjadi hipertrikosis dan hirsutisme. Sedangkan penyebabnya bisa karena:
  • Faktor genetik
  • Faktor hormonal, biasanya selain pertumbuhan rambut yang berlebih penderita juga memiliki gejala lain akibat kelainan hormon seperti berat badan yang meningkat, suara yang berat dan gangguan siklus menstruasi.
  • Pemakaian obat-obatan tertentu atau setelah tindakan bedah seperti tandur kulit (skin grafting).

Mengapa rambut yang berlebihan harus dihilangkan? 

Sebagian besar orang ingin menghilangkan bulu-bulu rambut yang berlebih adalah karena alasan kosmetik, tapi pada beberapa orang hal tersebut lebih disebabkan oleh rasa malu sehingga menimbulkan stres psikologis yang berat.

Bagaimana cara menghilangkan bulu-bulu yang berlebih?
Ada banyak cara untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan yaitu yang bersifat temporer (sementara) dan permanen. Metode temporer biasanya hanya menghilangkan batang rambut tetapi akar dan folikel rambut tetap ada. Metode ini antara lain tindakan mencukur rambut (shaving), waxing, pemakaian krim-krim depilator atau tindakan mencabuti rambut-rambut.

Tindakan ini biasanya cepat dan mudah dilakukan, akan tetapi bulu rambut akan cepat tumbuh kembali dan tampak kasar, serta menimbulkan rasa nyeri, dan apabila dilakukan sembarangan akan menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit. Metode yang permanen menghilangkan batang rambut sekaligus merusak folikel dan akar rambut. Metode lama adalah dengan elektrolisis, akan tetapi teknik ini memerlukan waktu yang sangat lama dalam pengerjaannya dan bisa menimbulkan jaringan parut (skar) pada kulit disekelilingnya.
RYD_0886 RYD_0899

Apa yang dimaksud dengan Smart Hair Removal?
Smart Hair Removal (LHR) adalah teknik terbaru dengan menggunakan laser photosilk plus untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan. Laser ini menggunakan sinar laser Nd YAG dengan panjang gelombang 1064 nm untuk menghantarkan panas dan merusak folikel rambut secara selektif.

Sinar laser tersebut akan diserap oleh pigmen yang berada disekeliling folikel rambut dan panas yang dihasilkan akan menghancurkan folikel rambut secara selektif tanpa menyebabkan kerusakan jaringan sekitar yang berarti.

Area mana saja yang bisa dilakukan Smart Hair Removal?
Area atas bibir, dagu, ketiak, bikini line (sekitar organ vital), tungkai dan area lain yang diinginkan.

Apa keuntungan menggunakan Smart Hair Removal?
  • Laser bekerja secara selektif dengan merusak folikel rambut.
  • Pertumbuhan bulu rambut akan berkurang dan lebih lambat 4-6 minggu setelah satu kali terapi. Akan tetapi biasanya diperlukan beberapa sesi terapi untuk mendapat hasil yang maksimal.
  • Efek samping ringan, seperti bengkak hanya bersifat sementara dan akan hilang beberapa saat setelah terapi. Pigmentasi setelah terapi bisa terjadi pada sebagian kecil penderita, lebih sering pada penderita dengan tipe kulit gelap, akan menghilang dengan pemakaian krim tabir surya yang tepat. Efek samping tersebut dapat dikurangi resikonya dengan menggunakan skin cooling (pendingin kulit) selama terapi.
Apa yang harus dilakukan untuk menjalani Smart Hair Removal? Sebelum tindakan laser :
  • Sebaiknya tidak melakukan waxing atau mencabut rambut minimal 2 minggu sebelumnya.
  • Hindari paparan matahari yang berlebihan dan tidak melakukan tanning 4 minggu sebelum tindakan laser, karena tanning pada kulit dapat menyerap sinar laser sehingga menimbulkan efek samping pada kulit sekitarnya.
  • Cukur rambut hingga pendek (jangan sampai hilang sama sekali, sisakan sedikit) pada hari anda akan melakukan terapi Smart hair removal.
  • Minumlah obat yang telah diresepkan oleh dokter. Pada orang-orang dengan riwayat infeksi virus herpes yang akan melakukan terapi laser di daerah atas bibir atau bikini line biasanya akan diberi obat anti virus sebelum tindakan laser.

Setelah tindakan laser :

  • Lanjutkan pengobatan yang diberi oleh dokter anda dan selesaikan terapi laser secara lengkap.
  • Gunakan lotion/krim tabir surya.
  • Untuk mencegah timbulnya infeksi pada area yang dilakukan tindakan laser, dokter akan memberikan krim/salep antibiotik dan anti iritasi.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, dianjurkan untuk melakukan beberapa kali sesi terapi. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu masalah anda, dokter akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan menyeluruh bahkan bila diperlukan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui faktor penyebab tumbuhnya rambut berlebih.